kategori

Sabtu, 14 Agustus 2010

cara memilih pasword yang baik

pada zaman sekarang manusia sering sekali berhubungan dengan internet, hampir segala sesuatu ga lagi dilakukan secara manual, tapi sudah otomatis, dan yang pasti lama-kelamaan berujung pada sistem otomatis online. denger kata-kata "online" otomatis kita terhubung dengan jaringan kompute. Internet dapat dikategorikan ke dalam "kumpulan raksasa" jaringan komputer di seluruh dunia, untuk terhubung ke internet bukan lagi masalah susah, banyak hotspot wifi berceceran, bahkan bisa dibilang internet bukan lagi barang yang wah, karena tiap orang sekarang bisa mengaksesnya dengan mudah. Namun pernahkah kita tersardar berapa banyak akun yang kita miliki di internet, hayooo...inget ga? mulai dari akun sosial networking (facebook, twitter, friendster, plurk, my space) hingga akun-akun penting lainnya, seperti akun e-mail, udah yakin ga password kita "dijamin aman"??  dan ga gampang dibobol??



jika kita ga waspada akan akun-akun yang kita miliki maka kita dalam resiko besar!! bisa-bisa akun kita disalahgunakan orang dan kita harus membayar sesuatu yang sebenarnya ga kita lakukan..ngeri kan.

ini dia hal-hal penting yang perlu kita perhatikan saat membuat password!!

1. perhatikan panjang karakter password

beberapa situs tertentu memberikan panjang minimal password yang harus kita ketik. namun apabila tidak ada ketentuan demikian, buatlah password sepanjang mungkin, minimal 8 karakter, namun tetap buatlah password yang nyaman untuk diingat
2. usahakan kata-kata di dalam password tidak ada di dalam kamus
memang mudah sekali buat kita untuk menggunakan kata yang mudah diingat, tapi hal ini ternyata menyebabkan akun kita mudah untuk di bobol. salah satu trik cracker adalah menggunakan dictionary attack yakni dengan cara memasukkan kata-kata yang lazim terdapat dalam kamus untuk membobol akun kita. usahakan menggunakan kata-kata kamu sendiri, atau juga bisa menggunakan bahasa gaul sehari-hari, atau dapat juga menggunakan kombinasi acak antara huruf dan angka. hal ini dapat mempersulit si cracker buat bobol akun kita

3. gunakan angka, huruf kapital, dan simbol
sekali lagi, apabila kita menggunakan password yang mudah untuk dibaca manusia, semakin mudah pula password kita untuk ditebak. gunakan simbol seperti @$%^ untuk mempersulit proses pembobolan password kita. atau iseng-iseng kita bisa gunakan kartun dari simbol seperti @_@. nah selain lucu dan mudah diingat kuat juga buat menangkis pemboblan pasword.

4. gunakan password manager untuk website
banyak sekali aplikasi password manager seperti KeePass atau Roboform. yang bisa membantu kita membuat dan memanajemen password yang kuat bagi kita.selain itu password manager seperti itu dapat menggenerate random password untuk website. dengan demikian kita bisa mendapatkan password yang kuat, panjang, dan random dan kita tidak perlu terlalu susah untuk inget2.

5. gunakan permainan pola pada keyboard
permainan pola yang dimaksud adalah dengan memperhatikan keyboard kita, dan tentukan pola yang unik. dengan demikian kita bisa mendapatkan password yang kuat dan mudah diingat. misalnya dengan mengetik "5tgb" adalah merupakan pola serong di keyboard kita. kita hanya perlu mengingat polanya.

6. gantilah huruf dengan angka
cara ini biasa dilakuin anak-anak alai, hehehehe..contohnya gini misal password kita adalah "grunge" bisa kita utak atik jadi "6run93". hehehe..lumayan bikin buntung si cracker kan, dia bingung kita anak alai apa bukan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan memberikan komentar atau bertanya di bagiotak =)atau jika ingin bertukar banner, silahkan copy teks box di bawah icon "tukeran link" dan paste di homepage blog anda, atau bisa juga copy http://bagiotak-kamu.blogspot.com/ di kotak komentar anda