kategori

Jumat, 30 Juli 2010

cara "mengakali" nama file di linux


bagi kita-kita pengguna linux biasanya terbesit suatu keinginan bagaimana caranya agar file rahasia kita ga ada yang bisa ngebuka, kali ini gw bakal kasih tau cara simple nya. Cara ini gw temuin waktu iseng-iseng baca-baca e-book tentang files di linux. Dan tataaaa..oh ternyata gini tok caranya. Ya gapapa lumayan, bagi yang belom tau caranya ga bakalan bisa buka nih file. Nah ga usah ba bi bu lagi ini gw kasih cara nya ;



cukup dengan memberi tanda tidle (~) pada bagian akhir filename. Contohnya (fileku.doc~) . Nih gw printscreen juga waktu gw praktekin di laptop gw tentang gimana caranya pake trik ini.

Pertama-tama klik file lalu pilih rename , waktu ng rename tinggal tambahkan tanda (~) seperti yang ud disebutkan di contoh diatas. Dan hasilnya kaya gambar di bawah ini
nah, jadi gambar yang kita kasih tanda tilde (~) tadi ga bisa diakses. Karena ga ada aplikasi yang bisa buka ekstensi yang ud di modif itu,dikirain user yang ga ngerti file ini korupt, ga bisa dibuka

untuk ngembaliinnya, cukup di rename lagi dengan ekstensi yang bener. Misal tadi nama file nya perang.jpg setelah di utak atik kita balikin lagi dengan nama perang.jpg (tanpa ~ lagi lho). Oke selamat mencoba ya

  

1 komentar:

  1. mantap gan. sayang banget lapiq gak bisa buat linux. ntar t coba di VBox aja kali ya. Btw, aq follow blogmu, balik ngefollow di blogq yo jeh, sip.

    suangar.blogspot.com

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar atau bertanya di bagiotak =)atau jika ingin bertukar banner, silahkan copy teks box di bawah icon "tukeran link" dan paste di homepage blog anda, atau bisa juga copy http://bagiotak-kamu.blogspot.com/ di kotak komentar anda