kategori

Selasa, 20 Juli 2010

cara copy paste praktis di sistem operasi berbasis linux

selama ini dalam menggunakan komputer sehari-hari baik komputer yang menggunakan sistem operasi windows, atau sistem operasi lain misalnya yang berbasis linux. hal yang sering kita lakukan dalam melakukan copy paste adalah ada dua kemungkinan :



      1. memblok kata-lata yang ingin kita copy, lalu klik kanan --> klik copy. setelah itu klik kanan --> klik paste.
      2. atau cara kedua yang lebih cepat, setelah memblok kata yang ingin disalin, kita menekan ctrl+c untuk mengkopi, setelah itu tekan ctrl+V untuk paste ke tempat lain.
namun cara yang akan gw jelaskan disini berbeda dari biasanya dan gw yakin hasilnya akan jauh lebih praktis. namun hal ini tidak dapat diterapkan di windows, karena cara/metode copy paste (copas) ini merupakan cara unik dari Linux/Unix.

sistem copas ini dapat dilakukan dengan cara yang sangat singkat. gw telah mencoba dan emang bener berhasil diterapkan di ubuntu 9.10 gw
cukup blok kata yang ingin di copy, kemudian pada lembar kerja anda (misal dokumen word processor atau text editor) cukup klik tombol tengah mouse. pada tipe mouse yang beredar saat ini umum nya tombol tersebut adalah tombol scroll, dan cukup tekan tombol scrol tersebut sekali maka kata yang dicopy akan ter-paste.

cara kerja dari metode paste tersebut dapat adalah sebagai berikut ;
pada linux/unix terdapat selection buffer. Dengan selection buffer tersebut kumpulan kata yang di blok akan tersimpan sementara. pada saat kamu blok suatu kata akan secara otomatis tersimpan sementara di selection buffer. lalu kamu dapat langsung melakukan paste pada posisi krusor yang kamu inginkan hanya dengan mengklik tombol tengah mouse.

Namun perlu dicatat metode copas ini hanya dapat berfungsi selama teks tersebut masih di blok. apabila teks sudah dalam keadaan tidak ter-blok metode copas ini tidak berhasil

2 komentar:

  1. udah nyoba yang drag and lempar ga ?
    asik loh buat save gambar dari pada save as

    tinggal drag and lempar ke desktop
    hehehhe

    BalasHapus
  2. udah tak coba..emang lebih menyenangkan =)

    BalasHapus

silahkan memberikan komentar atau bertanya di bagiotak =)atau jika ingin bertukar banner, silahkan copy teks box di bawah icon "tukeran link" dan paste di homepage blog anda, atau bisa juga copy http://bagiotak-kamu.blogspot.com/ di kotak komentar anda